Ramai-Ramai Media Asing Soroti Sikap Anies soal Quick Count Pilpres RI

SHARE  

Anies Baswedan (Detikcom/Andhika Prasetya) Foto: Anies Baswedan (Detikcom/Andhika Prasetya)

Jakarta, CNBC Indonesia РCalon Presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, kembali mendapatkan sorotan dari berbagai media asing. Ini terkait responnya dalam menanggapi quick count yang dilakukan berbagai lembaga survei. Simak hasil quick count Pemilu 2024 hanya di CNBC Indonesia, klik di sini!

Sebelumnya, sejumlah lembaga survei menempatkan Anies di posisi kedua dengan rentang persentase suara di angka 24% hingga 25%. Ia tertinggal jauh dari kandidat nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang berhasil memenangkan quick count dengan mengamankan 57% hingga 58% suara, membuatnya berpotensi menang satu putaran.

PILIHAN REDAKSIUpdate Quick Count Terbaru: Data Hampir 100%-Prabowo Menang 59%Real Count KPU Terbaru, 37% Suara: Prabowo 55%, Anies 24%, Ganjar 19%Media Asing Sorot Prabowo Menang Quick Count Pilpres RI, Ada Apa?Peta Hasil Quick Count Provinsi, Prabowo Ungguli Anies-Ganjar di Sini

Atas kondisi ini, Anies pun melontarkan reaksinya. CNBC International, menuliskan bahwa Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melihat adanya potensi kecurangan yang dilakukan dalam pentas demokrasi ini.

“Masih terlalu dini untuk menyimpulkan apa pun… jadi kita harus menunggu,” kata Anies dalam wawancara berbahasa Inggris, dikutip Kamis (15/2/2024).

“Banyak laporan masuk sejak beberapa minggu lalu mengenai kemungkinan penyimpangan, jadi kita harus menunggu,” tambahnya.

Media asal Qatar, Al Jazeera, juga melaporkan respon Anies yang meminta agar penghitungan suara di KPU tetap dikawal terus. Menurutnya, perjuangan belum berakhir.

Kami akan menunggu sampai ada hasil resmi, dan kami akan menghormatinya,” ujarnya.

Di sisi lain, Channel News Asia (CNA) asal Singapura menyoroti reaksi dari salah satu tim kampanye Anies, Tom Lembong. Mengulangi apa yang disampaikan Anies, Tom meminta agar para pendukungnya tidak begitu saja mempercayai hasil quick count.

“Kita harus berani dan sabar, serta tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan,” tambah Tom.

Hingga Kamis, 15 Februari 2024, pukul 06.00 WIB, penghitungan suara resmi masih terus berlangsung di KPU. Sejauh ini, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan suara 55,97%.

Pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan perolehan suara 24,56%. Di belakang Anies dan Prabowo ada pasangan Ganjar-Mahfud MD dengan https://mesintik.com/perolehan 19,46%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*