Pertamina Gelar Sekolah Energi Berdikari Pertama di Papua

SHARE  

Pertamina Foto: Dok Pertamina

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) menggelar Program Sekolah Energi Berdikari di SMA Negeri 6 Kabupaten Sorong yang berada di Kampung Wayankede, Distrik Seget, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Ini menjadi Sekolah Energi Berdikari di tanah Papua sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini dirangkai dalam berbagai aktivitas yang bertujuan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan dan edukasi mengenai Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti Penanaman Pohon, Upcycling Expo yang memamerkan hasil karya siswa siswi yang terbuat dari bahan bekas, Kelas Perwira, dan Talkshow interaktif dengan beberapa narasumber.

“Kesadaran terhadap energi terbarukan memang perlu ditumbuhkan kepada generasi muda, sehingga bumi kita terjaga untuk generasi selanjutnya,” ungkap General Manager PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Yusuf Mansyur dalam keterangan tertulis, Selasa (23/1/2024).

Baca: BUMN Fasilitasi UMKM Jual Produk Camilan Pakai Mesin

Program Sekolah Energi Berdikari ini telah menggandeng beberapa sekolah di tingkat SMP dan SMA di berbagai penjuru Indonesia untuk melakukan transisi energi. Dengan begitu Sekolah Energi Berdikari bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga surya sebagai sumber energi kegiatan belajar dan mengajar, dan berkontribusi pada transisi energi.

Pjs. Manager CSR PT Pertamina Reno Fri Daryanto mengatakan kegiatan Sekolah Energi Berdikari juga merupakan langkah awal bagi SMA Negeri 6 Kab. Sorong untuk mulai merintis menjadi Sekolah Adiwiyata, salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

“Kami berharap dengan adanya instalasi PLTS ini dapat menjadi sebuah batu loncatan bagi SMA Negeri 6 untuk dapat berpartisipasi dalam Program Sekolah Adiwiyata. Harapannya mulai tahun 2024, sekolah mulai merintis program-program pendidikan berwawasan lingkungan didampingi oleh RU VII Kasim,” ujar dia.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh pemerintah setempat yang secara aktif telah mendukung program-program yang telah dicanangkan oleh Pertamina secara umum dan RU VII Kasim secara khusus.

Staf Ahli Bidang SDM Kabupaten Sorong Wa Ode Likewati mengungkapkan apresiasi kepada Pertamina, khususnya RU VII Kasim yang selama ini banyak membantu mengembangkan masyarakat terkait pendidikan anak-anak di Distrik Seget.

“Harapannya kegiatan ini dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi anak-anak kami untuk terus menjaga lingkungan di sekolah https://mesintik.com/maupun di rumah,” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*